Evolusi Bisnis Online
Bisnis online merupakan sebuah peluang bisnis yang hingga saat ini masih sangat menjanjikan untuk dijalankan bahkan dengan bertambahnya jumlah pengguna internet (netter) di dunia peluang mencari duit melalui internet pun semakin terbuka lebar.
Saya teringat saat saya mengenal dan memulai bisnis online sekitar awal tahun 2000an, eranya FormulaBisnis.com booming pada waktu itu yang namanya bisnis online masih dikuasai oleh orang-orang tertentu yaitu orang-orang yang mempunyai keahlian membuat website, mempunyai modal yang cukup besar dan mengetahui seluk belum internet. Bisnis-bisnis online di kala itu tidak berbeda jauh dengan yang ada seperti sekarang, yaitu menjual informasi, mlm, reseller dsb. Memasuki sekitar tahun 2005 di kala itu bisnis online masih didominasi oleh situs-situs besar saja seperti Google AdSense, Adbrite, Amazon, eBay, Blogvertise, Reviewme, SponsoredReview, Text Link Ads dsb namun sekitar tahun 2008 trend bisnis online melakukan sebuah evolusi atau perubahan.Menurut pengamatan saya sejak 2008 hingga saat ini bisnis online tidak hanya dikuasai oleh “pemain-pemain” besar, di Indonesia sendiri bermunculan bisnis-bisnis online lokal yang bergaya internasional seperti KumpulBlogger, Kliksaya, AdSenseCamp hingga yang terbaru adalah SITTI yang format iklannya hampir serupa dengan Google AdSense, muncul pula bisnis paid review lokal milik Cosa Aranda dengan nama web Reviewmu yang mungkin terinspirasi dari Reviewme Tidak hanya itu bisnis online yang dulunya harus bermodalkan website untuk menawarkan produk, jasa atau informasi kini bisa diakali
Saat ini untuk menjual produk yang Anda miliki dapat menggunakan forum-forum di internet yang mengizinkan anggotanya untuk mengiklankan produk tertentu, seperti contohnya di forum Digital Point, AdSense-id.com, Kaskus.us Anda bisa melihat lapak-lapak penjual ebook, jual beli dana Paypal, service untuk website dsb.
Evolusi bisnis online seperti ini tentu membawa angin segar bagi para penjual produk dan jasa, seperti misalnya jika Anda ingin menjual jasa pemasangan link atau review di blog, kini tidak perlu lagi masuk ke situs-situs besar sebagai broker yang terkadang mematok fee yang cukup besar, namun ada efek negatif dari perubahan ini, yaitu:
1. Start Selling Not Sharing
Forum dan blog yang biasa digunakan untuk berbagi informasi kini menjadi sepi artikel berkualitas, para penulis informasi terkadang lebih suka berjualan (selling) daripada membagikannya secara gratis (sharing), tidak salah memang asalkan didukung oleh pelayanan purna jual yang baik sehingga kalau ada kesulitan atau hal-hal yang tidak dimengerti oleh pembeli maka pembeli bisa dilayani secara cepat melalui kontak yang disediakan namun jika terus berjualan kapan sharingya?
2. Kualitas Produk
Dengan mudahnya membuat produk dan menawarkan jasa di internet (khususnya forum) kebanyakan kualitas produk yang ditawarkan dibuat cenderung ‘amatir’ atau asal-asalan, seperti di antaranya:
a. Design / tampilan produk yang kurang nyaman dilihat.
b. Penulisan tanda baca yang kadang masih berantakan.
c. Informasi yang diberikan kurang sehingga membuat pembaca bertanya-tanya apa kelanjutannya.
d. Informasi kontak yang kurang.
e. Forum dipenuhi lapak-lapak berjualan.
Lalu apa sisi positifnya? tentu ada, yaitu produk atau jasa yang ditawarkan di forum lebih mudah direview oleh member lainnya sehingga Anda bisa melihat terlebih dahulu komentar dari pembeli sebelumnya, selain itu pembentukan reputasi di forum menjadi lebih mudah karena jika produk yang ditawarkan.
Prediksi saya ke depannya tampaknya akan semakin banyak para individu yang akan menjual informasi-informasi berharganya di internet dan kualitas produk dan jasa yang ditawarkan akan lebih profesional, di Indonesia sendiri sudah banyak pebisnis online yang telah mencapai level profesional dalam menawarkan produknya, ini terlihat dari informasi yang diberikan cukup lengkap, cara berjualan dan pelayanan kepada para calon pembeli dan pembeli.
menarik sekali
ReplyDeleteterima kasih
ReplyDelete