Thursday, May 12, 2011

Library RXTX.jar : Komunikasi Serial dengan Java dan OS Windows



Sekitar sebulan yang lalu saya menginstal ulang OS windows vista di komputer saya. Dan sekarang, pada saat saya akan membuka dan mengedit program aplikasi dengan Java yang memerlukan komunikasi serial (UART), saya baru teringat ternyata kode kelas serial saya tidak dikenali. Memang betul, bahwa Java Development Kit untuk versi terbaru (pada saat artikel ini ditulis adalah versi JDK1.6), library untuk kelas javax.comhanya tersedia bagi OS Sun, Linux dan Solaris saja, sementara untuk OS windows sudah tidak tersedia lagi. Alasannya adalah tidak cukup banyak peminat atau permintaan penggunaan kelas serial pada OS windows (berarti mungkin saya termasuk kelompok yang tidak banyak ini ya :D).

Tulisan ini sekedar dokumen singkat yang saya catat secara ringkas di website ini. Tujuanya agar apabila suatu saat nanti saya lupa (terutama proses instalasi dan alamat referensinya) maka saya bisa segera menengok kembali dengan cepat tanpa harus googling dulu yang kadang time-consuming seperti yang baru saja saya alami. Library RXTX menyediakan fungsi/kelas yang bisa digunakan untuk keperluan komunikasi baik serial maupun paralel dengan menggunakan OS windows dan bahasa pemrograman Java. Seperti disampaikan di situsnya, library RXTX ini masih cukup sederhana, sehingga masih ada kemungkinan terdapat bug nya. Namun hasil eksperimen saya menggunakan library ini tidak menemukan adanya masalah pada saat melakukan transfer data secara masal sampai dengan 115200 bps.

Sumber referensi aslinya bisa ditengok di alamat berikut ini.

Panduan instalasi untuk OS windows ada di link berikut ini.

If you just want to run RXTX enabled programs, follow this procedure. Identify your Java Runtime Environment's folder. For version 1.6.0, this usually is

c:\Program Files\Java\jre1.6.0_01\


  • Copy rxtxParallel.dll to c:\Program Files\Java\jre1.6.0_01\bin\

  • Copy rxtxSerial.dll to c:\Program Files\Java\jre1.6.0_01\bin\

  • Copy RXTXcomm.jar to c:\Program Files\Java\jre1.6.0_01\lib\ext\


If you want to develop and compile RXTX enabled programs, for example with the NetBeans IDE, follow this procedure. Identify your Java Development Kit's folder. For version 1.6.0, this usually is

c:\Program Files\Java\jdk1.6.0_01\


  • Copy rxtxParallel.dll to c:\Program Files\Java\jdk1.6.0_01\jre\bin\

  • Copy rxtxSerial.dll to c:\Program Files\Java\jdk1.6.0_01\jre\bin\

  • Copy RXTXcomm.jar to c:\Program Files\Java\jdk1.6.0_01\jre\lib\ext\


Contoh kode program ada di link berikut ini.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang anda sampaikan , sehingga dapat menambah wawasan saya sebagai penulis dan membuat blog ini semakin berguna banyak orang