Monday, April 04, 2011

Bootable Windows 7, Vista, XP with USB - WinToFlash

membuat bootable Windows 7, Vista, XP dengan USB menggunakan software WinToFlash yang sangat berguna untuk istalling windows yang tidak memiliki CD room Drive. Seperti pada umunya notebook keluaran terbaru yang dibandrol cukup murah tetapi memiliki kekurangan tidak memiliki CD room drive.
Hal ini sering menjadi masalah ketika OS eror akibat virus atau ada bagian OS yang terhaous tidak sengaja. Tapi jangan takut hal ini dapat dapat diatasi dengan WinToFlash.

Hal pertama yang perlu disediakan adalah :

  1. CPU/Laptop yang telah memiliki OS yang normalyang memiliki media CD room Drive (Jika dalam hardisk telah tersimpan image CD Bootable XP/Vista/7 tidak perlu lagi CD room Drive tetapi perlu diaktifkan Image Drive_nya)

  2. 1 buah FlashDisk s/d 4 Gb (Win XP : 2 Gb, Win Vista : 4 Gb).

  3. CD Bootable XP/Vista/7 atau image CD yang tersimpan dalam Hardisk.


Caranya :

Pertama,
Masukan CD Windwos kedalam CD room dan aktifkan WinToFlash (klik Wintoflash.exe) pada CPU/laptop yang telah memiliki OS yang normal akan muncul seperti gambar dibawah, kemudian pilih Accept.



Kedua,
Kemudian Pilih Taks, Kemudian select Taks type : Transfer Windows XP/2003 to USB Drive (sesuaikan dengan OS yang akan di tranfer ke Fasdisk) klik Run.



Ketiga,
Pada menu tab Basic Parameter, Pilih source Windows XP/Vista/7 dari CD room Drive/Image drive, pilih Windos source path: sesuai dengan CD Windos yang telah dimasukan kedalam CD room Drive atau dalam Image Drive bagi yabg telam memiliki Window yang telah dijadikan image CD) dan kebetulan CD room terletak Pada Drive G:\.

Serta pada USB Drive Pilih Dimana Drive Fashdisk kebetula saya pake drive I:\

Dan apabila telah pas kilik Run



Keempat,
Akan muncul dua peringatan. Pertama menayakan keaslian windows dan yang kedua bahwa data yang ada dalam Falsdisk akan dihapus karen akam melakukan formating. Jadi gunakan Falsdis yang telah kosong sehingga data anda aman. jika yakin data dalam flasdisk tidak menimbulkan kerepotan bagi anda jika terhapus klik Continue >> Run





Kelima,
Proses sedang berjalan tunggu sampai selesai. saya sarankan buat teh atau kopi karena proses transfer cukup lama........ :)



Keenam,
Setelah selesai klik Ok maka USB anda Telag Berisi OS yang Botable.



Ketujuh,
Lanjutkan seperti biasa menginstal Windows melalui CD Room Hanya saja sebelum menginstal seting dulu sistem bios dengan mengganti pada sistembios mengaktifkan Frist Boot USB FDD/HDD.

Selamat Mencoba........!

Program WinToFlash dapat diambil di menu download

Created by : I Nyoman Suryasa S.Kom

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang anda sampaikan , sehingga dapat menambah wawasan saya sebagai penulis dan membuat blog ini semakin berguna banyak orang