Sunday, April 03, 2011

Mekanisme Pengiriman Uang melalui Moneybookers

Pendaftaran :

1.Register di www.moneybookers.com. Ingat, nama yang Anda daftarkan di account moneybookers harus sama dengan nama di rekening bank yang hendak Anda jadikan sumber dana dan/atau rekening tujuan.

2.Menambahkan rekening Belanda:

Klik My Account, di sisi sebelah kiri pilih Profile, kemudian di List of Bank Accounts klik Manage. Klik Add, isi form, Country : (pilih Netherlands), City/Town: (isi lokasi bank yang mengeluarkan rekening Anda), Bank Name : (nama bank Anda di Belanda), klik Next…teruskan sampai selesai.

3.Menambahkan rekening Indonesia (khusus untuk rekening pribadi kita, bukan rekening atas nama orang lain):

Klik My Account, di sisi sebelah kiri pilih Profile, kemudian di List of Bank Accounts klik Manage. Klik Add, isi form, Country : (pilih Indonesia), SWIFT: (isi kode SWIFT bank Anda),  klik Next…teruskan sampai selesai.

àJika rekening Indonesia yang menjadi tujuan pengiriman uang merupakan milik orang lain, maka bukalah account baru di moneybookers. Nama yang didaftarkan untuk account tersebut harus sama dengan nama di rekening yang hendak ditambahkan.

Kemudian, lakukan prosedur no.3

Ingat, kita tidak boleh memiliki lebih dari satu account moneybookers atas nama yang sama.

4.Lakukan verifikasi rekening

Verifikasi harus dilakukan agar kita bisa meng-upload dana ke moneybookers dari rekening Belanda kita melalui iDEAL. Dengan fasilitas ini, dana kita akan masuk seketika itu juga. Tanpa memverifikasi, bisa memakan waktu hingga 5 hari untuk memasukkan dana.

Caranya :

Klik My Account, di sisi sebelah kiri pilih Profile, kemudian di sebelah rekening yang akan kita verifikasi, klik Verify, teruskan hingga selesai. Moneybookers akan mengirimkan kode ke rekening kita dalam waktu sekitar 3 hari, yang bisa dilihat dengan mengecek overview rekening melalui internet banking. Catat kode, kemudian ulangi prosedur verifikasi di atas, dan masukkan kodenya.

Khusus untuk rekening Indonesia, verifikasi bisa kita lakukan setelah beberapa kali melakukan pengiriman uang ke rekening tersebut. Namun prosedur verifikasi seperti di atas mungkin tidak bisa dilakukan. Bila demikian maka hubungi customer service moneybookers dan minta untuk memverifikasi rekening kita.

Customer service akan meminta bukti bahwa rekening yang bersangkutan sudah pernah menerima transfer uang dari moneybookers.  Bisa dengan men-capture picture screen pada saat kita membuka history transaksi rekening kita melalui internet banking (di sinilah salah satu gunanya kita sudah mengaktifkan internet banking rekening Indonesia kita).

Tanpa memverifikasi, dalam beberapa kali (tidak tahu pastinya) pengiriman uang, kita tidak bisa lagi melakukan withdraw. Tetapi, kalau tidak sering-sering mengirim uang (lebih dari sebulan sekali), verifikasi mungkin tidak diperlukan.

Pengiriman Uang :

Untuk account monerbookers yang sama, pengiriman uang cukup dilakukan dengan UPLOAD FUNDS dan WITHDRAW. Upload funds pilih rekening Belanda kita, kemudian withdraw pilih rekening Indonesia kita.

Untuk account moneybookers yang berbeda, pengiriman uang dilakukan dengan UPLOAD FUNDS di account moneybookers tempat rekening Belanda kita, kemudian SEND MONEY ke account moneybookers tujuan, kemudian WITHDRAW di account itu juga.

Berdasarkan pengalaman, mengirim uang melalui moneybookers cukup memuaskan, karena selain relative cepat, nilai tukarnya pun terhitung bagus.

Created By : I Nyoman Suryasa S.Kom

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang anda sampaikan , sehingga dapat menambah wawasan saya sebagai penulis dan membuat blog ini semakin berguna banyak orang