Monday, April 04, 2011

Cara Cerdas Kelola Emosi

Meski kedengarannya sulit, sebenarnya belajar mengendalikan diri terhadap hal-hal yang membuat marah, bisa lebih mudah dari yang kita pikir. Tidak percaya? Coba praktekkan trik-trik berikut.

Trik 1: Rehat Sejenak
Tepat pada saat kita hendak mendata para penghuni kebun binatang untuk kita ucapkan ke rekan kerja yang menyebalkan itu, lakukan apa saja yang bisa membuat kita reda dari situasi tersebut. Keluar dari ruang rapat, tarik napas dalam-dalam, berhitung hingga 10 (atau berapa pun yang dibutuhkan), atau mengunjungi teman di lantai lain.  Saat kembali, kita sudah tidak mau ‘meledak’ lagi. Jadi kita mampu menangani situasi dengan kepala dingin dan menghindari penyesalan yang tak perlu.

Trik 2: Jangan Larut
Sudah merupakan aturan tak tertulis bahwa tidak ada yang namanya menangis di kantor. Tidak saja menunjukkan kekurangmampuan mengendalikan diri, namun juga ketidakdewasaan mengontrol emosi. Salah-salah, bisa jadi promosi jabatan tak akan mampir ke kita. Sebisa mungkin tahan diri untuk tidak meneteskan airmata dengan melakukan aktivitas lain yang bisa membuat relaks dan tenang kembali.

Trik 3: Alihkan Perhatian
Tentu saja bukan dengan melimpahkan kemarahan ke orang lain yang tidak mengerti duduk persoalan.  Alihkan calon kemarahan itu menjadi bentuk aktivitas atau pikiran yang lebih positif. Misalnya, berlama-lama memandangi foto pacar. Atau membaca kata-kata kutipan yang menyejukkan hati ketika sedang menerima telepon keluhan dari pelanggan.

Trik 4: Tanpa Kekerasan
Hukumnya wajib. Memukul, melempar benda, atau melakukan tindakan kekerasan lainnya is a big no-no. Mengekspresikan kemarahan dalam bentuk kekerasan fisik hanya akan mengancam kemulusan karier kita (bahkan biarpun kita berada di pihak yang benar). Jika kita benar-benar tidak bisa menahan diri, cari pelampiasan yang lebih aman. Seperti memukul samsak atau ikutan kelas tae bo di pusat kebugaran.

Created by : I Nyoman Suryasa S.Kom

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang anda sampaikan , sehingga dapat menambah wawasan saya sebagai penulis dan membuat blog ini semakin berguna banyak orang