Thursday, April 07, 2011

Merancang Multiplekser 4051 berbasis mikrokontroler Atmega8535

Kali ini ane share megenai multiplekser dan demuktiplekser….apa bedanya..? ….

Nich ane kutip dari wikipedia mengenai penjelasan multiplekser ialah sebagai berikut…

Multiplekser atau disingkat MUX adalah alat atau komponen elektronika yang bisa memilih input (masukan) yang akan diteruskan ke bagian output(keluaran). Pemilihan input mana yang dipilih akan ditentukan oleh signal yang ada di bagian kontrol (kendali) Select.

Skema Multiplexer 2 input-ke-1 output



Komponen yang berfungsi kebalikan dari MUX ini disebut Demultiplekser(DEMUX). Pada DEMUX, jumlah masukannya hanya satu, tetapi bagian keluarannya banyak. Signal pada bagian input ini akan disalurkan ke bagian output (channel) yang mana tergantung dari kendali pada bagian SELECTnya.

multiplekser dapat ane ilustrasikan sebagai berikut….



Nach dari gambar diatas… Multiplekser adalah suatu saklar penghubung antara banyak masukan dengan satu keluaran..namun saklar mana yang akan dihubungkan ditentukan oleh suatu kendali.

Kalo pengertian dari demuktilekser gampang yaitu Cuma kebalikan dari multiplekser…

Saluran kendali sebanyak “n” saluran dapat menyeleksi 2n saluran masukan.

8-CHANNEL ANALOG MULTIPLEXERS/DEMULTIPLEXERS



Nach ni… IC 4051 dapat difungsikan sebagai multiplekser 8 input ke 1 output, dengan menggunakan 3 pin kontrol…yang terdapat pada pin 9, 10 dan 11.

Untuk lebih jelasnya nich…pin description ic 4051 ato download datasheetnya di www.alldatasheet.com



Pemrograman Multiplekser 4051 Berbasis Atmega8535 dengan BASCOM AVR

Skema simulasi dengan proteus:



Dari skema diatas dapet ane jelaskan sebagai berikut…pin kontrol multiplekser dihubung dengan portc.0, portc.1 dan portc.2… nach output dari multiplekser masuk ke ADC 0 mikro Atmega 8535…. rangkaian potensio sebagai masukan tegangan multiplekser yang akan diseleksi masuk ke ADC 0 melalu 3 pin kontrol… nach selanjutnya tinggal merancang program akses fungsi dari multiplekser tersebut…. berikut ni gan ane share sample prognya menggunakan BASCOM AVR…

Sample Program BASCOM AVR Multiprexer ADC

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang anda sampaikan , sehingga dapat menambah wawasan saya sebagai penulis dan membuat blog ini semakin berguna banyak orang