Sunday, August 14, 2011

Jangan jadikan pimpinan Anda sebagai "atasan" Anda



Apa kabar buat teman-teman di Jakarta? What's up! How are you? Piye kabare? Nah, ada sedikit tips yang berkaitan dengan "Bos Anda", bagi teman-teman yang saat ini telah bekerja.

Kadang dalam sebuah perusahaan, pimpinan umumnya selalu menjadi momok yang menakutkan dan figur yang menyeramkan bagi beberapa karyawan, terlebih bagi karyawan baru. Pimpinan terkadang selalu ditempatkan pada posisi "orang yang harus dihindari" (awas bos galak!) Ada sebuah mitos, apabila secara mendadak seorang karyawan dipanggil menghadap pimpinan, terlebih pimpinan itu terkenal "killer", maka suatu musibah diyakini akan menimpa karyawan tersebut, bisa saja peneguran, atau bahkan pemecatan. Namun semua itu adalah paradigma yang SALAH! Yang terbaik adalah dengan tidak menempatkan pimpinan Anda sebagai "atasan" Anda.
Ditilik dari kata-katanya, "atasan" memiliki pengertian orang yang selalu berada di atas kita, secara tidak langsung staf akan selalu menjadi  "bawahannya", yaitu orang yang selalu ada dibawah dan umumnya, (hehehehe) dalam posisi tertekan.
RUBAHLAH situasi dan pengertian itu!  Buang kata-kata "atasan" dan "bawahan"! Jadikanlah Pimpinan sebagai teman Anda, sebagai Sahabat Anda, dan sebagai Partner kerja yang memang memiliki hak dan kewajiban yang lebih, dibanding Anda sebagai karyawan.
Pimpinan juga manusia. Apabila mereka ditakuti dan dihindari mereka juga akan merasakan tekanan dalam pekerjaannya. Hingga kadang timbul rasa tidak nyaman dalam mendelegasikan suatu pekerjaan kepada bawahannya (ups) maaf... kepada karyawannya.
Ajaklah pimpinan Anda dalam kegiatan-kegiatan di luar kantor.  Sering-seringlah berdiskusi masalah pekerjaan. Janganlah sungkan bertanya pada pimpinan Anda mengenai pekerjaan yang sedang anda lakukan. Ajukan kritik dan saran yang membangun bagi perusahaan, berusahalah menumbuhkan loyalitas yang tinggi pada perusahaan. Janganlah terlalu sering menuntut pada pimpinan, selama apa yang kita berikan pada perusahaan masih dalam sebatas "Asal Bos Senang..."
So, ingin sukses dalam bekerja sekaligus memajukan perusahaan? Jadikan pimpinan Anda sebagai partner kerja terbaik Anda. okay......

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang anda sampaikan , sehingga dapat menambah wawasan saya sebagai penulis dan membuat blog ini semakin berguna banyak orang