Thursday, August 18, 2011

Sistem Pendukung Keputusan

Istilah SPK pertama kali dikemukakan Oleh G. Anthony Gorry dan Michael S Scoot Morton pada tahun 1971, keduanya merupakan professor MIT, USA. Saat itu mereka merasakan perlunya suatu pemikiran untuk mengarahkan penggunaan aplikasi komputer untuk membantu pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen berdasarkan kepada konsep Simon mengenai keputusan yang tersktruktur dan tidak terstrukur juga berdasarkan kepada konsep Robert N. Anthony tentang tingkat-tingkatan manajemen.
Gori dan Scott Morton menggambarkan berbagai jenis keputusan yang disusun menurut struktur masalahnya, dari masalah yang terstruktur hingga kemasalah yang tidak terstruktur. Dilain pihak Anthony menggunakan nama perencanaan strategis, menjelaskan tingkat manajemen puncak, menengah dan bawah.
Gorry dan Scott Morton member icontoh berbagai jenis-jenis masalah bisnis kedalam bentuk matrik. Sebagai contoh, piutang dagang dipecahkan oleh manajer di tingkat pengendalian operasional yang membuat keputusan terstruktur. Perecanaan R&D dilakukan oleh manajer perencanaan strategis yang membuat keputusan tidak terstruktur.
Pada penjelasan matrik dibawah ini Gorry dan Scott Morton yang diambil dari McLeod dengan menggunakan garis horizontal terputus-putus memisahkan antara masalah yang pada saat itu telah dapat dipecahkan dengan bantuan komputer dibagian atas dengan masalah yang belum menggunakan komputer dibagian bawah. Daerah bagian atas disebut sebagai sistem keputusan yang terstruktur (Structured decision system- SDS) sedangkan daerah bagian bawah disebut sistem pendukung keputusan (SPK) atau Decision Support System (DSS).
Penjelasan matrik Gory dan Scott Morton :
Struktur permasalahan yang terstruktur, Pengendalian operasinya berupa :piutang dagang, membuat order dan pengendalian persediaan. Pengendalian manajemennya berupa : analis anggaran, biaya rekayasa dan peramalan jangka pendek. Pengendalian strategis berupa : pengaturan armada tanker, lokasi gudang dan pabrik.
Struktur permasalahan yang semi terstruktur,
Pengendalian operasinya berupa : jadwal produksi dan pengelolaan kas. Pengendalian manajemennya berupa : analisis variasi anggaran secara keseluruhan dan penyiapan anggaran.Pengendalian strategis berupa : penggabungan usaha dan akuisisi serta perencanaan produk baru.
Struktur Permasalahn yang tidak terstruktur, Pengendalian operasinya berupa : sistem biaya. Pengendalian manajemennya berupa : Penjualan dan produksi. Pengendalian strategis berupa : perencanaan litbang.
Gorry dan Scott Morton awalnya menggunakan istilah SPK hanya untuk aplikasi komptuer dimasa depan. Selanjutnya istilah tersebut diterapkan pada semua aplikasi computer yang dimaksudkan untuk mendukung keputusan baik sekarang maupun dimasa depan.
Selanjutnya ditahun yang sama Gerrity Jr (MIT) mengembangkan sistem pendukung manusia-mesin yang diaplikasikan pada portofolio, dirancang untuk mendukung investasi dan administrasi yang dipakai oleh perusahaan.Sedangkan John Little mengembangkanDSS untuk marketing pada perusahaan untuk penjualan produk-produk.
Pengembangan teori
Little dan Lodish mengembangkan Media Panning Support sistem. Litle menetapkan 4 kriteria DSS yaitu: Robustnest(canggih), ease of control (kontrolnya mudah), simplicity (sederhana) dan completeness (lengkap). Gordon Davis menggabungkan DSS dalam Manajemen Sistem Informasi dan menyebutnya sebagai sistem informasi pendukung pengambilan keputusan dalam artikel lain menyebut SI pendukung perencanaan dan control.Keen dan Morton (1978) membuat text book yang peratama tentang DSS yang mencakup analisis, desain, implementasi, evaluasi dan pengembangan. Buku lain McCosh dan Morton (1978).
Model Driven DSS
Scott-Morton’s (1971) membuat sebuha perencanaan sistem keputusan manajemen yang selanjutnya disebut Model Driven DSS.
Komunikasi Driven DSS
Joyner and Tunstall’s (1970) di tempatnya dalam penelitiannya telah membuat software computer untuk coordinator conference. Sistem ini untuk mengkoordinasikan komunikasi pada jarak yang jauh. Dengan menggunakan teknologi komunikasi yang saat itu ada. Murray Murray Turoff’s (1970) memperkenalkan konsep komunikasi computer dan pertama kali diimplementasikan di Computer Mediated Communication System (EMISARI) untuk membuat fasilitas yang dapat digunakan untuk komunikasi kelompok.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang anda sampaikan , sehingga dapat menambah wawasan saya sebagai penulis dan membuat blog ini semakin berguna banyak orang