Sunday, September 04, 2011

Driver Motor DC Relay dilengkapi dengan PWM

Driver Motor DC Relay dilengkapi dengan PWM

PWM ( Pulse Width Modulation ) bisa digunakan dalam mengendalikan kecepatan motor dengan cara mengubah lebar pulsa yang berdasarkan duty cyclenya. Sehingga secara tidak langsung mengakibatkan perubahan pada kecepatan motor itu sendiri.

Dibawah ini merupakan salah satu rangkaian Driver Motor DC dengan port PWM


Port Dir digunakan untuk merubah arah pergerakan motor CW/CCW.
Port PWM digunakan untuk inputan sinyal PWM itu sendiri.

Relay disini difungsikan sebagai pengaturan arah pergerakan motor ( CW=searah jarum jam atau CCW=berlawanan arah jarum jam )

Sedangkan.

IRF Mosfet sendiri digunakan sebagai inputan sinyal PWM, dengan memanipulasi jalur GROUND terhadap Motor.

Jumlah IRF Mosfet yang digunakan, tergantung dari besar arus (Ampere) motor yang dibutuhkan. Semakin besar arus (Ampere) motor yang dibutuhkan semakin banyak IRF Mosfet yang digunakan atau dengan menggunakan seri lain dengan spesifikasi Arus (Ampere) yang lebih besar.

Rangkaian ini bisa anda tambahkan sendiri dioda serta capasitor sebagai peredam spice,yang bisa muncul ketika motor baru berjalan atau perubahan arah putaran motor itu sendiri.Yang bisa di hubungan antara kutub kaki motor dengan sumber arus / sumber tegangannya.

Created By : I NYOMAN SURYASA S.Kom
Design By : http://www.digitdude.com

1 comment:

  1. mas untk menyambungkanya ke arduino gmn? mohon bantuanya beserta kodenya mas, klu bs dir1 dan dir2 dikasi button dan pwm sbg output mas, terimakasih

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentar yang anda sampaikan , sehingga dapat menambah wawasan saya sebagai penulis dan membuat blog ini semakin berguna banyak orang