Monday, September 05, 2011

SITTI, Si ‘Pesaing’ Google AdSense

SITTI, Si ‘Pesaing’ Google AdSense


Perihal mengenai SITTI pernah saya bahas sedikit di postingan saya di sini dan postingan ini, namun kali ini saya akan jabarkan lengkap mengenai ‘mbak’ SITTI yang disebut-sebut akan menjadi pesaing ‘mbah’ Google di Indonesia :)
SITTI pada dasarnya merupakan iklan berbasis pay per click (ppc) sama halnya seperti Google AdSense atau ppc lokal seperti KlikSaya dan KumpulBlogger, yang membuat SITTI begitu heboh adalah SITTI secara terang-terangan ingin menjadi pesaing dari Google untuk pasar internet Indonesia, berikut salah satu press release yang saya ambil dari detik.com:
Sitti, Karya Indonesia Saingi Google AdSense
Jakarta – Jika Google punya platform iklan kontekstual AdSense, maka Indonesia pun hadir dengan pesaingnya bernama Sitti.
Seperti disampaikan dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Kamis (25/11/2010), Sitti merupakan platform iklan online yang bisa menyesuaikan isi iklan dengan konten situs atau blog berbahasa Indonesia tempat iklan itu tampil.
Andy Sjarif, Pendiri Sitti, mengatakan Sitti bisa memahami Bahasa Indonesia. Tak hanya bahasa baku, Sitti dikatakan bisa mengerti Bahasa Indonesia dengan variasinya.
“(Sitti) mengerti Bahasa Indonesia yang baik dan benar, bahasa slang, bahasa jadul, sampai yang nyleneh, atau yang sedang tren di kalangan ABG sekarang, bahasa 4lay (baca: alay),” tuturnya.
Sejak 1 Oktober 2010, Sitti telah melakukan pengujian (Beta). Sebanyak 329 merek diuji secara gratis pada 3.000 iklan dan 30.000 kata kunci. Uji coba itu melibatkan 1,6 juta halaman situs dan blog yang telah tergabung dalam Sitti.
Sitti mengakui bahwa sistem iklannya tak serta-merta lebih baik dari Google. Namun, mereka mengklaim kinerja Sitti mampu bersaing dengan Google AdSense, terutama pada situs atau blog Bahasa Indonesia.
Mampukah Sitti jadi tuan rumah iklan digital di Indonesia?
( wsh / wsh )
Dari hasil penelusuran saya ke blog resminya SITTI terlihat jelas bahwa SITTI ingin menandingi iklan Google AdSense khususnya pada pasar Indonesia, karena memang hingga saat ini Google AdSense masih belum mengijinkan para publisher untuk memasang iklan Google AdSense di blog berbahasa Indonesia, selain itu meskipun bisa dipasang di blog berbahasa Indonesia namun iklan bawaan Google AdSense terkadang tidak relevan dengan isi konten karena memang belum banyak publisher di Indonesia yang aktif di Google AdWords (sebagai pemasang iklan) sehingga antara konten website dan iklan Google AdSense terkadang isinya tidak nyambung.
Tipisnya relevansi iklan Google AdSense untuk pasar Indonesia inilah yang dimanfaatkan oleh SITTI, SITTI menawarkan iklan dengan relevansi yang tinggi antara konten website dengan iklan yang akan ditampilkan SITTI, dengan relevansi yang tinggi maka antara pemasang dan penerbit iklan juga mempunyai keuntungan yang tinggi.
Bagi pemasang iklan jika iklannya diklik secara sah oleh netter yang benar-benar membutuhkan informasi mengenai produknya maka dapat meningkatkan branding dan penjualan, dan bagi penerbit iklan jika iklannya dklik secara sah maka akan memperoleh penghasilan.
Dari hasil blogwalking yang saya lakukan ke beberapa blog ternyata sudah cukup banyak blogger yang menampilkan iklan SITTI, namun saya juga melihat untuk saat ini ada sedikitnya 2 kekurangan SITTI, yaitu:
  • Format iklan cenderung sama. Saya melihat iklan-iklan SITTI di beberapa blog terlihat sama sehingga terkesan ‘membosankan’.
  • Belum banyak iklan yang keluar. Meskipun saat ini SITTI sudah launching dan membayar para publishernya namun saya melihat belum banyak iklan yang ditampilkan oleh SITTI.
SITTI memang membuat heboh dengan banyaknya press release di beberapa situs berita di Indonesia bahkan media internasional (Anda dapat mencari artikel-artikelnya di Google), SITTI juga kerap melakukan gathering untuk menarik minat para blogger di Indonesia, namun apakah ke depannya perkembangan SITTI dapat benar-benar menyaingi Google AdSense di pasar Indonesia? Kita tunggu saja…

Created by : http://putraperdhana.com/2011/06/08/sitti-si-pesaing-google-adsense/

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang anda sampaikan , sehingga dapat menambah wawasan saya sebagai penulis dan membuat blog ini semakin berguna banyak orang