Monday, September 05, 2011

Search Engine Optimization

Search Engine Optimization

Search Engine alias mesin pencari di internet merupakan salah satu media promosi yang sangat menguntungkan, dengan menggunakan search engine maka produk Anda dapat ditemukan oleh para pengguna internet yang mencari informasi yang berhubungan dengan produk Anda. Untuk memaksimalkan promosi di search engine, ada sebuah teknik yang dapat mengoptimalkan hasil pencarian untuk website Anda sehingga website Anda lebih mudah ditemukan dan tentu dapat meningkatkan kunjungan ke website Anda yang dapat dikonversikan menjadi penjualan dan profit, teknik tersebut disebut Search Engine Optimization atau biasa disingkat menjadi SEO.

Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah cara melakukan optimasi website di dalam search engine (mesin pencari), sehingga website / blog teroptimasi maksimal dan mendapatkan keuntungan dari hasil optimasi tersebut.
Keuntungan Melakukan SEO
Sebuah pertanyaan muncul, “lalu apa untungnya melakukan optimasi di search engine?” jawabannya adalah karena pada umumnya sebanyak hingga 90% kunjungan blog berasal dari search engine maka itu search engine begitu menguntungkan untuk mendapatkan traffic tanpa mengeluarkan biaya yang besar.
Contohnya misalnya Anda mempunyai sebuah website menjual ebook mengenai trik bisnis online, lalu Anda gunakan cara promosi menggunakan banner di situs iklan baris dengan biaya perbulannya Rp 1.000.000,- (1 juta rupiah), lalu dari banner tersebut Anda berhasil mendatangkan 1000 orang pengunjung perbulannya yang di mana rata-rata setiap 5% dari kunjungan melakukan pemesanan dan pembayaran alias 50 orang melakukan transaksi. Jika harga ebook tersebut Rp 100.000 ribu rupiah maka bulan itu Anda menghasilkan 50 transaksi x Rp 100.000,- = Rp 5.000.000,- maka keuntungan Anda adalah: 5 juta rupiah – 1 juta rupiah = 4 juta rupiah per bulan.
Dengan melakukan optimasi search engine kita dapat mendatangkan 1000 visitor tersebut (bahkan lebih) dengan mengeluarkan modal yang relatif kecil. Bayangkan jika promosi menggunakan banner dan menggunakan seo disatukan maka keuntungan akan berlipat :)
Jenis Optimasi Search Engine
Untuk melakukan optimasi terdapat 2 faktor yaitu faktor internal (dalam web) dan faktor eksternal (di luar web). Untuk faktor internal cara-cara melakukan optimasinya antara lain dengan membuat design / tampilan yang bagus dan user friendly dan cepat diakses, memperhitungkan keyword density alias kepadatan keyword pada artikel, menghilangkan link-link error di blog, penggunaan font yang sesuai pada masing-masing kegunaan (misalnya H1 pada header, H2 pada judul artikel) dsb. Untuk cara-cara eksternal bisa dilakukan dengan membuat dan mempublish dengan cepat topik yang sedang hot dan dicari-cari masyarakat di internet, memperbanyak link, memperbanyak promosi dsb.
Masuk di halaman pertama search engine atau lebih bagus lagi menjadi urutan pertama di kata kunci yang banyak dicari oleh orang merupakan keuntungan tersendiri, karena biasanya pengguna search engine akan melakukan klik pada hasil pencarian teratas sehingga kunjungan akan banyak datang dari sana.
Saya dan SEO
SEO merupakan salah satu “mata kuliah” kesukaan saya di internet, jika dihitung-hitung saya menghabiskan dana sekitar belasan juta rupiah untuk melakukan riset dan mempelajari teknik-teknik seo, hasilnya? tentu memuaskan dua kali saya mengikuti kontes seo terbesar di negeri ini yaitu pada Kontes SEO yang diselenggarkan oleh Joko Susilo dan Kontes SEO yang diselenggarakan oleh Astaga.com, alhamdulillah saya selalu masuk ke 10 besar daftar juara dari kurang lebih 1000an peserta, hasilnya saya memperoleh hadiah dari pihak-pihak sponsor, baik itu uang tunai, ebook, voucher dan tentu saja reputasi :)
Ilmu-ilmu seo tentu saya terapkan dalam berbisnis online, blog-blog dan lapak yang saya miliki sebagian besar saya optimasi sehingga dapat bersaing di search engine sehingga dapat menekan biaya promosi menjadi jauh lebih murah untuk mendatangkan kunjungnan dan tentu saja mendatangkan profit.
Hingga saat ini seo merupakan hal yang menarik karena dari yang saya ketahui terdapat ratusan algoritma Google yang menentukan posisi blog kita di serp (search engine result page) alias peringkat di search engine, selain itu Google juga sering melakukan perubahan pada algoritmanya sehingga ada tantangan tersendiri untuk melakukan optimasi pada search engine Google.

Created by : http://putraperdhana.com/2011/06/06/search-engine-optimization-mengulang-kembali/

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang anda sampaikan , sehingga dapat menambah wawasan saya sebagai penulis dan membuat blog ini semakin berguna banyak orang