Monday, September 05, 2011

Perihal Google AdSense di Blog Berbahasa Indonesia

Perihal Google AdSense di Blog Berbahasa Indonesia

Pada bulan Agustus lalu saya pernah membuat sebuah artikel berjudul “4 Alasan Sebaiknya Tidak Pasang Google AdSense di Blog Berbahasa Indonesia” yang pada intinya terdapat 4 hal mengapa sebaiknya tidak memasang Google AdSense di blog / website berbahasa Indonesia yaitu:
  1. Melanggar TOS Google AdSense
  2. Iklan Tidak Relevan
  3. Nilai Per Klik Relatif Kecil
  4. Banyak Situs ‘Penjual Mimpi’
 Namun kini keadaan sudah berubah, beberapa hari ini saya melakukan blogwalking ke beberapa blog Indonesia khususnya blog berbahasa Indonesia yang dipasang Google AdSense, saya surfing ke beberapa artikel untuk melihat relevansi antara artikel yang ditulis dengan iklan Google AdSense yang muncul, khususnya iklan teks Google AdSense.
Dari hasil pengamatan saya tersebut:
  • Iklan Google AdSense yang muncul sudah banyak yang relevan dengan isi artikel.
  • Iklan Google AdSense berbahasa Indonesia (dari advertiser lokal) banyak bermunculan.
  • Iklan-iklan Google AdSense yang tampil sudah mulai ‘cerdas’ dalam artian website-website yang diiklankan adalah website yang real / nyata, sedangkan iklan dari situs-situs ‘penjual mimpi’ yang menjanjikan kekayaan dalam waktu singkat sudah mulai berkurang :)
Dari hasil tersebut maka jika Anda berniat memasang Google AdSense di blog Indonesia maka peluang relevansinya menjadi lebih besar dan tentu akan meningkatkan jumlah klik dan profit.
Di sini saya tidak menyarankan agar Anda memasang Google AdSense di blog berbahasa Indonesia karena TOS Google AdSense belum mengijinkan untuk itu, meskipun situs berita Detik.com dan beberapa blogger Indonesia yang saya kenal sudah melakukannya :D
Dengan meningkatnya advertiser (pemasang iklan) lokal Google AdWords maka bukan tidak mungkin dalam waktu dekat Google AdSense akan benar-benar mengijinkan blog berbahasa Indonesia memasang iklannya, terlebih lagi sekarang Google AdSense mempunyai ‘saingan’ di Indonesia, yaitu PPC lokal dengan ‘rasa baru’ bernama SITTI.
Berminat memasang iklan Google AdSense di blog Indonesia? atau mau menunggu launching SITTI? Lalu apa itu SITTI…??? pada kesempatan berikutnya saya akan membahas tentang SITTI… keep watching on my blog yach… :)

 created by : http://putraperdhana.com/2011/06/06/perihal-google-adsense-di-blog-berbahasa-indonesia/

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang anda sampaikan , sehingga dapat menambah wawasan saya sebagai penulis dan membuat blog ini semakin berguna banyak orang